Dokumen-Dokumen Penting untuk Mengurus Izin Usaha Anda

Izin usaha menjadi salah satu hal wajib yang akan lebih membantu kelancaran usaha Anda. Dengan adanya izin tersebut, berarti usaha yang Anda miliki menjadi lebih legal dan lebih mudah untuk mendapatkan berbagai perlindungan secara hukum. Untuk itu, alangkah lebih baik jika Anda segera mengurus surat izin usaha yang seharusnya dimiliki oleh usaha Anda.

Apa Saja Persyaratan untuk Mendapatkan Izin Pendirian Usaha?

Mendapatkan izin usaha membutuhkan berbagai persyaratan yang cukup banyak. Persyaratan tersebut biasanya sedikit berbeda untuk satu jenis usaha dan jenis lainnya. Lalu, persyaratan seperti apa yang harus Anda persiapkan demi mendapatkan izin untuk usaha Anda?

  • Izin Untuk Perseroan Terbatas (PT)

Jika Anda ingin membuat izin untuk usaha PT Anda, ada cukup banyak dokumen yang dibutuhkan. Biasanya, Anda akan membutuhkan foto copy KTP dari penanggung jawab, pemegang saham, dan atau direktur utama PT tersebut. Selain itu, jika penanggungjawab adalah seorang perempuan, maka diwajibkan untuk melampirkan foto copy KK.

Selain itu, beberapa persyaratan lainnya adalah Surat Izin Tempat atau SITU, NPWP, Materai dan lain sebagainya. Anda harus mengumpulkan persyaratan tersebut sebelum mendaftarkan izin dari usaha Anda.

  • Izin untuk Koperasi

Jika Anda membutuhkan izin untuk koperasi yang Anda dirikan, Anda pun perlu tahu apa saja dokumen penting yang perlu dipersiapkan. Contohnya adalah Anda perlu menyiapkan foto copy KTP dari penanggung jawab dan juga pengawas. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan surat izin daerah, akta peresmian dan susunan pengurus koperasi. Jangan lupakan NPWP dan juga materai 6000.

  • Izin untuk Perusahaan Perorangan

Sementara untuk izin pendirian usaha yang satu ini, Anda membutuhkan beberapa surat tambahan seperti surat domisili, salinan KTP pemilik, salinan NPWP, dan salinan Neraca perusahaan. Selain itu, Anda juga perlu untuk menyiapkan foto pemilik dengan ukuran 4×6.

Setelah mengetahui beberapa persyaratan di atas, Anda harus menyiapkan persyaratan tersebut untuk kemudian Anda urus prosesnya. Setelah selesai dengan persyaratannya, lakukan pendaftaran sesuai dengan urutan yang ditentukan. Demikian informasi untuk Anda terkait dengan izin usaha. Selamat mencoba.

Related posts: