Doa, Tata Cara Dan Sunah Mandi Wajib

Mengetahui tata cara mandi wajib yang baik dan benar adalah kewajiban seorang muslim yang telah balig. Hadast besar disucikan dengan cara mandi atau mandi wajib. Istilah mandi besar atau mandi wajib ataupun mandi junub sebenarnya sama saja, hanya saja berbeda cara penyebutan saja. Anda dapat belajar ke pemuka agama ataupun orang-orang yang paham akan hukum melakukan mandi wajib. Doa mandi wajib juga harus Anda hafal di luar kepala.

Tata Cara Mandi Wajib

Anda yang menyandang hadast besar sebaiknya segerakan untuk mandi wajib. Adapun tata cara dan doa mandi wajib yang harus Anda perhatikan. Doa mandi besar ini bisa Anda ucapkan dalam hati. Apabila Anda tidak begitu hafal dengan bahasa Arab, Anda bisa menggunakan bahasa Anda sendiri. Misalnya “Niat ingsun mandi wajib Lillahita’ala”. Niat seperti itu saja insya Allah sudah diperbolehkan.

Setelah itu basuh kedua telapak tangan Anda dengan air mengalir. Basuh dan cuci kemaluan Anda kemudian berwudu. Ketiga langkah tersebut sebenarnya sunah, namun sebaiknya Anda lakukan saja karena mengandung pahala. Setelah itu, guyur ujung kepala Anda dengan air suci dan menyucikan sembari niat dalam hati.

Usahakan seluruh kepala basah. Lalu siram tubuh Anda (utamakan kanan terlebih dahulu) dengan air berikutnya sebanyak 3 kali. Anda bisa menggunakan tangan untuk bantuan membasahi bagian tubuh yang sulit dijangkau. Lalu ulangi cara tersebut ke tubuh bagian kiri.

Setelah terbasahi semuanya, Anda bisa menggunakan sabun dan shampo yang biasa Anda pakai agar lebih bersih dan wangi. Setelah selesai, Anda bisa berwudu kembali dan dapat melakukan ibadah wajib lainnya. Shalat adalah salah satu ibadah yang mewajibkan agar yang melakukannya terbebas dari hadast besar maupun hadast kecil.

Berbagai macam doa, tata cara dan kegiatan yang berhubungan dengan ibadah dapat Anda membuka website riuhimaji.com. situs tersebut adalah situs terpercaya sebagai media informasi mengenai agama Islam. Bila Anda belum sempat untuk bertemu dengan ahli agama, Anda bisa membuka terlebih dahulu website tersebut dan kemudian menanyakan bila Anda masih belum dapat memahaminya.

Related posts: