Dampak Positif Dan Negatif Kopi Bagi Kesehatan

Kopi merupakan minuman populer yang banyak digemari oleh masyarakat dunia, tak terkecuali masyarakat Indonesia. Minuman yang berasal dari biji kopi yang telah disangrai ataupun ditumbuk ini sudah sangat mendunia. Bahkan, saat ini ada lebih dari 50 negara yang membudidayakan tanaman kopi karena banyaknya masyarakat yang menyukai minuman ini. Kopi sering dijadikan sebagai minuman pengawal pagi hari ataupun teman disaat berbincang-bincang karena cita rasa kopi yang sangat unik. Kopi tidak hanya disajikan dalam bentuk bubuk kopi yang dilarutkan dengan air, namun ada banyak jenis minuman yang berasal dari bahan utama kopi, misalnya espresso, latte dan cappuchino. Dibalik popularitas kopi yang sangat mendunia dan paling dinikmati oleh masyarakat, kopi menyimpan berbagai efek bagi kesehatan tubuh manusia, baik efek positif maupun efek negatif.

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

Mengonsumsi kopi dalam jumlah yang tepat akan memberikan dampak positif karena kandungan yang terdapat di dalam kopi memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh.

  1. Meningkatkan stamina dan mencegah kantuk

Kandungan kafein di dalam kopi akan mempengaruhi kinerja adenosine yang bertugas menyampaikan rasa kantuk ke otak agar bekerja lebih lambat sehingga tubuh akan terasa lebih bertenaga dan hilang rasa kantuk.

 

  1. Menjaga kesehatan mulut

Kandungan antibakteri yang terdapat di dalam kopi dapat menjaga kesehatan mulut bagi peminumnya.

 

  1. Mengurangi risiko diabetes

Kandungan zat asam klorogenat di dalam kopi dapat meningkatkan kinerja pembentukan insulin.

Bahaya Kopi Untuk Kesehatan

Mengonsumsi kopi dalam jumlah berlebihan dapat berakibat buruk untuk kesehatan tubuh.

 

  1. Meningkatkan asam lambung

Mengonsumsi kopi secara berlebihan dapat memicu naiknya asam lambung sehingga dapat menyebabkan penyakit maag.

 

  1. Merusak jam tidur

Kandungan kafein dalam kopi yang cukup tinggi akan membuat Anda kehilangan rasa kantuk jika Anda mengonsumsi kopi secara berlebihan.

 

  1. Mempengaruhi kesehatan tulang

Mengonsumsi kopi berlebihan meningkatkan risiko penyakit tulang keropos atau osteoporosis, terutama bagi wanita lanjut usia yang sudah mengalami masa menopause.

 

Kopi akan banyak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh ketika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, sebaliknya kopi akan memberikan efek negatif bagi kesehatan ketika dikonsumsi secara berlebihan.

Related posts: