Daftar Perangkat Kasir Modern

Kalau mengunjungi supermarket ataupun toko, pasti saat melakukan pembayaran kita akan menemui kasir dengan meja yang dipenuhi dengan sejumlah perangkat mesin kasir yang akan membantu proses transaksi melayani customer yang ingin membayar belanjaannya. Perangkat kasir inilah yang disebut sebagai hardware tambahan yang digunakan pemilik usaha untuk mengontrol data penjualan melalui sistem yang di-instal dalam perangkat tersebut.

Perangkat Kasir Yang Harus Dimiliki Pemilik Usaha

Karena kasir adalah ujung tombak informasi yang dibutuhkan pemilik perusahaan, maka perangkat mesin kasir paling handal dan modern yang diperlukan adalah :

  • Scanner Barcode dan Customer Display

Adalah alat sensor yang dilengkapi dengan laser untuk membaca kode barang yang dibeli customer. Data yang ter-pindai biasanya meliputi nama dan harga barang yang akan muncul dan terlihat pada layar customer display. Barcode itu sendiri berupa garis-garis dan titik-titik hitam yang membentuk pola persegi panjang dilengkapi dengan nomor kode dengan penomoran tertentu, dan biasanya tercetak pada bagian belakang produk barang atau di permukaan dus produk.

  • Printer Kasir

Alat ini akan mencetak struk penjualan sebagai bukti data belanjaan yang telah dibeli customer dimana kertas struk ini akan diberikan kepada customer sedangkan data digitalnya akan tersimpan dalam sistem.

  • Cash Drawer atau Laci Uang

Laci uang yang dimaksud adalah laci besi yang terhubung dengan sistem pada perangkat komputer kasir dimana laci ini akan terbuka secara otomatis ketika kasir telah selesai menginput data belanjaan dan customer siap membayar. Laci ini biasanya diproduksi dengan bahan kualitas tinggi dengan kemampuan tahan api.

  • Printer Barcode

Salah satu perangkat yang sebenarnya tidak harus ada di atas meja kasir, karena alat ini sebenarnya berfungsi untuk membuat kode barcode atas barang-barang tertentu yang belum memiliki kode. Biasanya ini untuk stok gudang atau divisi pembelian.

Selain perangkat mesin kasir tersebut diatas, sekarang kasir-kasir pun sudah dilengkapi pula dengan alat EDC (Electronic Data Capture) yang berfungsi sebagai alat gesek tunai maupun kredit. Hanya saja alat ini disediakan oleh bank yang memiliki layanan.

Related posts: