Daftar Kerajaan Islam Di Jawa Beserta Perkembangannya

Masuknya Islam di pulau Jawa ini bisa terbilang sangat pesat dan melesat, hal ini dikarenakan sifat dari orang Jawa yang mudah menerima. Selain itu, masuknya ajaran Islam di daerah Jawa ini mampu mengubah cara pandang dari masyarakat Jawa yang waktu itu masih meyakini kepercayaan animisme dan dinamisme, selain mengubah keyakinan yang dimiliki oleh masyarakat Jawa, juga mampu merubah dari segi politik. Adanya kemajuan politik ini dibuktikan dengan adanya beberapa kesultanan ataupun kerajaan di daerah Jawa.

Beberapa Daftar Kerajaan Islam Di Jawa Disertai Perkembangannya

Adapun berikut ini merupakan daftar dari kerajaan-kerajaan Islam yang ada di Jawa serta sejarah perkembangannya, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kerajaan Demak

Kerajaan atau kesultanan Demak merupakan salah satu kerajaan Islam yang paling besar di daerah pesisir pantai utara Jawa. Kerajaan ini sebelumnya merupakan suatu kadipaten atau kerajaan dari Majapahit. Setelah datang serta masuknya Islam ke daerah ini disertai dengan runtuhnya kerajaan Majapahit, maka kerajaan Demak selanjutnya membentuk kerajaan yang cukup besar, salah satu peninggalan dari kerajaan ini adalah adanya masjid agung Demak.

  • Kerajaan Cirebon

Kerajaan Islam Cirebon merupakan salah satu kerajaan Islam yang paling terkenal di seluruh Asia, kerajaan ini bahkan sudah tidak di kancah nasional saja. Hal ini dikarenakan kesultanan Cirebon memiliki letak tempat yang sangat strategis yang mana berada di jalur perdagangan dunia serta menjadi tempat persinggahan para pedagang dari berbagai negeri.

  • Kesultanan pajang

Kerajaan atau kesultanan pajang merupakan salah satu kerajaan yang ada di Jawa tengah yang merupakan kerajaan lanjutan dari kerajaan Demak. Selepas kematian dari sultan Trenggono, kerajaan Demak mulai mengalami kemunduran sehingga mengakibatkan banyaknya daerah yang memisahkan diri dari kekuasaan kerajaan Demak, salah satunya ialah daerah pajang yang mana membuat kerajaannya berupa kerajaan pajang.

Itulah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan terkait beberapa daftar kerajaan-kerajaan bercorak Islam yang ada di pulau Jawa. Untuk informasi lebih rincinya bisa langsung menghubungi di website aslinya di PortalSejarah.id. disitu akan banyak diulas berbagai sejarah yang telah di lalui oleh bangsa Indonesia. Semoga kita termasuk dalam umat yang tidak melupakan sejarah!

Related posts: