Cara Merawat Medali Agar Tetap Awet

Jika Anda lihat, medali yang biasa Anda dapatkan setiap saat Anda menjadi juara dalam sebuah perlombaan, mungkin beberapa akan terlupakan terutama soal kebersihannya. Bahan-bahan yang digunakan untuk bikin medali memang banyak, namun mayoritas di emas, perak dan perunggu. Sebenarnya masih banyak bahan logam yang lainnya yang sangat beresiko besar mengalami pengaratan.  Nah, oleh sebab itulah kita harus tahu kira-kira perawatan seperti apa yang harus dilakukan supaya medali yang kita miliki itu sangat awet bahkan meski disimpan lama.

Medali merupakan barang yang sangat rentan terkena kotoran apalagi jika medali kita tersebut disimpan di sebuah tempat yang cukup lembap. Pastilah akan terjadi sebuah pengikatan kotoran-kotoran sehingga menempel di medali kita dan ujung-ujungnya medali kita menjadi kotor. Tentu Anda tidak menginginkan hal semacam itu terjadi. Oleh sebab itulah, kita harus tahu cara untuk perawatannya seperti apa namun dengan cara yang paling sederhana saja.

Jika medali yang ada miliki tersebut telah berubah fisiknya menjadi berkarat, terutama jika bahan yang digunakan untuk bikin medali adalah logam yang tidak tahan terhadap kelembapan dan kotoran, maka Anda bisa merawatnya atau menghilangkan karatan dengan cara yang lebih sederhana. Misalnya dengan menggunakan pasti gigi, menggunakan abu rokok, abu obat nyamuk dan masih banyak bahan tradisional yang bisa dijadikan sebagai penghilangan karatan pada logam, dan sudah banyak dilakukan oleh orang-orang pada zaman dahulu.

Rutin Dalam Merawat Dan Membersihkan Medali

Medali itu kan barang yang sangat penting, maka dari itu Anda juga sangat penting dalam memperhatikan kebersihannya. Jika medali yang kita dapatkan selalu bersih maka itu pasti akan terlihat sangat bagus dan juga tidak mudah berkarat. Karena jika berkarat maka pasti medali yang kita miliki itu akan mudah rusak dan rapuh yang akhirnya menjadi tidak awet.

Oleh sebab itulah Anda harus merawatnya dengan baik, dengan teratur dan dengan menggunakan cara-cara yang sederhana saja namun bisa dilakukan dengan teratur dan berangsur-angsur. Misalnya menggunakan abu rokok, logam-logam yang berkarat sedikit demi sedikit akan menjadi hilang jika Anda bermaksud untuk menghilangkannya. Bagi medali logam yang memang belum berkarat dan Anda akan merawatnya supaya tidak berkarat maka Anda bisa menggunakan abu rokok juga dengan cara-cara digosokkan sehingga logam juga nampak lebih mengkilap. Dan ini berlaku jika Anda beli dari yang bikin medali dengan bahan logam.

Related posts: