Cara Menghilangkan Kutil

Kutil adalah pertumbuhan kulit pada lapisan paling atas yang muncul karena terinfeksi Human papillomavirus (HPV). Virus ini masuk ke dalam tubuh melalu kulit yang rusak akibat luka, sayatan, atau goresan. Virus ini bisa terdapat pada lingkungan yang kotor atau kebiasaan berbagi menggunakan barang pribadi dengan orang lain. Kutil menyerang semua golongan umur terutama orang dewasa. Ini tentu menjadi sebuah masalah estetika. Terlebih lagi jika kutil terdapat pada bagian tubuh yang terlihat seperti wajah atau tangan. Layaknya tahi lalat, kutil akan tumbuh dengan benjolan namun tidak berwarna hitam, melainkan berwarna sama dengan warna kulit. Namun bagi beberapa kalangan, kutil adalah sebuah masalah yang harus segera diselesaikan.

Langkah-langkah Mengobati Kutil

Untuk membasmi kutil, bisa dilakukan dengan operasi atau pembedahan di rumah sakit. Namun jika Anda tidak memiliki cukup uang, Anda bisa menghilangkan kutil dengan bawang putih. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Lakukan pengujian bawang putih pada kulit terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menguji apakah kulit Anda sensitif dan iritasi ketika digosok menggunakan bawang putih. Anda cukup menggosokkan bawang putih ke sedikit bagian kulit. Jika kulit Anda iritasi, Anda tetap bisa melanjutkan namun resikonya menimbulkan ruam.
  2. Bersihkan area kutil. Sebelum menempelkan bawang putih, bersihkan area kutil dengan sabun kemudian keringkan menggunakan kain atau tisu.
  3. Tempelkan bawang putih pada area kutil. Setelah area kutil bersih dan kering, tempelkan bawang putih pada kutil. Caranya adalah ambil satu buah bawang putih, kemudian kupas dan potong menjadi dua bagian. Gosok-gosokkan bawang putih pada area kutil agar bawang putih meresap.
  4. Balut area kutil. Setelah menggosok-gosokkan bawang putih, tetap tempelkan bawang putih pada area kutil. Balut menggunakan kain perban agar bawang putih tetap menempel.
  5. Ulangi pengobatan. Pengobatan kutil tidak cukup dilakukan satu kali. Anda perlu melakukan pengulangan untuk memperoleh hasil yang maksimal. Lakukan pengobatan setidaknya 3 hingga 4 minggu dan kutil akan mengecil dalam waktu 6 hingga 7 hari.

Related posts: