Cara Mengatasi Mual Saat Hamil

Saat hamil adalah saat-saat yang membahagiakan bagi pasangan suami dan istri. Namun ketika mengandung, terkadang ada berbagai kendala yang dihadapi oleh ibu hamil. Bagaimana tidak, tanggungannya menjadi dua kali lipat. Selain memberikan nutrisi pada tubuh, ibu hamil juga memberikan nutrisi yang baik pada janin, sehingga janin bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Kendala yang sering dialami oleh ibu hamil adalah merasa mual dan muntah. Hal ini disebabkan karena adanya perubahan hormon dalam tubuh sehingga yang dirasakan seperti mual.

Tips Mengatasi Mual Hamil Saat Pagi, Siang, Dan Malam

Mual yang dirasakan oleh ibu hamil ini biasanya tidak menentu. Bisa terjadi di ketika sore hari, malam hari, bahkan pagi hari ketika bangun tidur. Dan karena mual ini menyebabkan ibu hamil merasa tidak nafsu makan. Tidak hanya itu, tubuh juga akan merasa lemah dan kepala terasa pusing. Hal ini tentu saja tidak bisa dibiarkan, karena ibu hamil harus selalu dijaga dalam kondisi yang sehat dan tidak ada beban pikiran apapun.

Adapun cara untuk menghilangkan rasa mual yang dirasakan ketika hamil adalah sebagai berikut. Untuk menghilangkan rasa mual pada pagi hari, maka usahakan untuk bangun di waktu awal. Siapkan camilan yang memiliki kandungan gizi tinggi di dekat tempat tidur. Sehingga saat bangun tidur maka perut yang kosong akan segera terisi. Ketika bangun, maka usahakan lakukan dengan perlahan, jangan tergesa-gesa, karena jika tergesa-gesa maka akan merasa pusing. Selain itu juga bisa untuk mengonsumsi wedang jahe secara rutin.

Untuk mengatasi mual pada siang hari, maka cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi makan dalam jumlah yang sedikit tetapi dilakukan secara sering, sehingga perut tidak kosong. Cara lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan protein dan vitamin B yang tinggi, yakni seperti kacang-kacangan. Untuk menghilangkan mual yang sudah sering terjadi, maka bisa menggunakan perasan lemon yang dimasukkan ke dalam teh.

Sedangkan untuk mengatasi mual pada malam hari, usahakan ketika makan malam hindarilah makanan yang pedas, berlemak, asam, dan berminyak. Janganlah tidur larut malam, usahakan tidur lebih awal. Dan apabila terbangun di sepertiga malam, maka isilah perut dengan camilan.

Related posts: