Cara Jitu Menyeimbangkan Lemak Darah dengan Makanan Sehat

Tingginya lemak dalam darah merupakan sebuah kondisi yang harus diwaspadai. Dengan adanya lemak darah berlebih dalam tubuh akan menimbulkan berbagai jenis penyakit kronis. Stroke dan serangan jantung merupakan dua dari beberapa penyakit yang dapat muncul akibat tingginya kadar lemak dalam darah. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menyeimbangkan kadar lemak dalam darah. Yang paling mudah untuk menjaga keseimbangan ini adalah dengan lebih memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Agar lemak darah tidak meroket tinggi, maka Anda harus membiasakan diri untuk memilah makanan yang baik dan tidak baik untuk dikonsumsi.

Makanan yang Membantu Menurunkan Lemak Darah

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan lemak darah, berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk menurunkan kadar lemak dalam darah:

  • Kacang Polong

Makanan yang mengandung kolesterol dan lemak jenuh tinggi merupakan salah satu jenis makanan yang harus dihindari. Jenis makanan ini harus dihindari jika Anda benar-benar tidak mau kandungan lemak darah semakin meningkat. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi jenis makanan yang mengandung protein nabati dengan serat tinggi. Salah satu jenis makanan yang mengandung protein nabati dan serat adalah kacang polong.

 

  • Biji-Bijian

Selain kacang polong, Anda juga bisa mengonsumsi biji-bijian yang kaya akan serat dan karbohidrat. Jenis biji-bijian ini juga termasuk pasta, roti, sereal yang merupakan bahan makanan yang terbuat dari beras merah dan gandum. Selain itu, biji-bijian utuh juga mengandung protein baik dengan kandungan rendah lemak total, kolesteril, dan juga lemak jenuh.

 

  • Salmon

Suplemen terbaik untuk menyeimbangkan kadar lemak dalam darah adalah Omega 3. Salah satu makanan yang mengandung Omega 3 adalah salmon. Bahkan dengan mengonsumsi salmon secara rutin akan membantu untuk menurunkan lemak darah dengan cepat. Selain salmon, Anda juga bisa memilih tuna dan cod.

 

  • Minyak Zaitun

Jika Anda memiliki masalah dengan lemak darah, maka kini saatnya Anda mengganti minyak sayur dengan minyak zaitun. Anda bisa menggoreng tuna dengan menggunakan minyak zaitun yang lebih menyehatkan.

Related posts: