Beragam Manfaat Setiap Bagian Buah Durian

Bibit Durian

Ketika Anda mendengar kata bibit durian, apa yang Anda pikirkan? Kalau saya, akan terbayang dengan bijinya. Durian merupakan salah satu buah yang banyak disukai oleh masyarakat, karena rasanya yang enak dan baunya yang khas. Yang menjadi pilihan pastinya buah durian dengan daging buang yang tebal dan rasa yang manis. Buah ini selain dikonsumsi secara langsung, banyak juga yang dibuat menjadi aneka ragam makanan dan minuman.

Yuk, Menanam Bibit Durian, Dan Manfaatkan Setiap Bagiannya!

Dengan semakin banyaknya penggunaan buah durian ini, menjadikan permintaan di pasaran juga semakin meningkat. Pada umumnya kita hanya memanfaatkan daging buahnya saja untuk dikonsumsi. Sedangkan kulit dan bijinya dibuang dengan cuma-cuma, dalam artian menjadi sampah. Semakin lama, sampah ini akan semakin bertumpuk dan menyebabkan bau yang tidak sedap akibat penguraian oleh mikroorganisme. Padahal, sebenarnya kulit dan juga biji durian dapat dimanfaatkan untuk banyak hal. Bijinya dapat digunakan sebagai bibit durian dalam perkebunan, bahan makanan dan juga minuman, seperti campuran kolak pengganti kolang-kaling, maupun susu biji durian. Sedangkan kulit durian yang biasanya kita buang, ternyata dapat digunakan sebagai bahan pengental makanan, manisan, pengusir nyamuk, bahkan dapat juga dijadikan sumber energi alternatif yang ramah lingkungan. Sangat luar biasa tentunya, dari sampah yang bisa menyebabkan ketidaknyamanan bagi kita, dapat menjadi suatu hal yang sangat bermanfaat. Perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin meningkat, tidak jarang segala yang kita anggap sebelah mata menjadi sangat luar biasa setelah melalui proses pengolahan. Seperti halnya biji dan kulit durian. Jadi, apa masih mau membuang biji dan kulit durian lagi? Tentunya tidak kan?

Buah durian sering disebut juga dengan raja buah. Karena, selain rasanya yang sangat lezat, manfaat dari setiap bagian buahnya sangat luar biasa. Sehingga wajar, jika permintaan untuk bibit durian juga semakin meningkat. Hal ini disebabkan, budidaya buah durian memang membuka peluang keuntungan yang sangat besar dengan meningkatnya kegunaan dari buah durian itu sendiri. Jadi, ayo kita budidayakan buah durian, dan dapatkan manfaatnya!

Related posts: