Bentuk Geografis Jogjakarta

Artikel kali ini akan membahas mengenai bentuk geografis Jogjakarta yang mempengaruhi banyaknya tempat wisata alam di Jogja. Jogja merupakan paket komplit ketika berwisata karena terdapat dataran rendah maupun dataran tinggi. Keberagaman dalam bentuk geografis Jogjakarta membuat para ahli membuat empat bagian bentuk geografis di Jogja yaitu pegunungan seribu atau bahasa daerahnya pegunungan Sewu, pegunungan Kulon Progo, Gunung Merapi, serta dataran rendah. Oleh karena itu saat memilih penginapan Anda dapat menjadikan homestay di Jogja sebagai tempat istirahat. Karena wisata di Jogja tersebar di banyak wilayah dan tentunya menanti untuk Anda kunjungi. Apakah pembagian daerah berdasarkan letak daerah dan bentuk geografisnya berpengaruh terhadap adanya tempat wisata di Jogja? Simak ulasan berikut ini agar Anda dapat lebih mengenal Jogja sebelum melakukan liburan di Jogja.

Pengaruh Bentuk Geografis Terhadap Persebaran Wisata Di Jogja

Persebaran wilayah Jogja memiliki bentuk geografis yang berbeda dan memiliki keunikan dan kekhasannya masing-masing. Berikut ini pembagian wilayah dataran tinggi di Jogja berdasarkan kontur wilayah yang berpengaruh terhadap persebaran wisata di Jogja.

  • Pegunungan sewu

Pegunungan Sewu terletak di daerah Jogja bagian selatan tepatnya masuk ke daerah administrasi Gunung Kidul. Kontur tanah di sana berupa pegunungan kapur dan karst yang membentuk dataran tinggi Wonosari. Bagi Anda yang menyukai pegunungan tinggi, dapat mengunjungi pegunungan sewu ini karena dijamin dapat memanjakan mata Anda dengan pemandangan yang sangat indah. Pilih homestay di Jogja yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Gunung Kidul sehingga dapat mendukung pemburuan Sunrise Anda.

  • Gunung Merapi

Dataran tinggi berikutnya yaitu wilayah di sekitar Gunung Merapi yaitu Sleman, Bantul, dan Kota Jogjakarta. Gunung Merapi pernah meletus dan mengeluarkan lahar dan hujan abu yang menutupi wilayah Jogja bahkan terbawa angin hingga ke daerah Jawa Barat. Namun, kini hasilnya wilayah di sekitar Gunung Merapi menjadi sangat subur dan cocok untuk ditanami oleh berbagai jenis tanaman. Banyak homestay di Jogja yang dapat Anda jadikan pilihan saat berlibur di daerah tersebut.

Related posts: