Belanja Online Shopfest Pun Bisa Mendatangkan Kerugian

Sebagai konsumen yang bijaksana, tentunya euforia shopfest yang hadir tiap tahun dapat diluapkan dengan cara yang lebih bijaksana dan dengan keputusan sebaik-baiknya dalam membelanjakan anggaran. Karena ketika pesta belanja besar-besaran itu dibuka, konsumen bisa dibutakan dengan gebyar diskon dan aneka promo yang berpotensi menjadi konsumen yang impulsif, yaitu keadaan dimana ia tidak dapat menahan diri dan menjadi brutal ketika melihat apa yang semua disukainya ada di hadapan mata.

Kerugian Belanja Online Walaupun Shopfest Banyak Mendatangkan Keuntungan

Ya, memang benar, belanja pada saat shopfest berlangsung sangatlah membawa keberuntungan. Selain karena nyaman tak perlu pergi ke toko, harga yang ditawarkan pun lebih kompetitif. Namun tahukah bahwa selain keuntungan diskon yang sangat menguntungkan, ada juga kerugian yang muncul begitu dihadapkan pada belanja secara online?

  1. Waktu tunggu yang cukup menghabiskan waktu sampai barang sampai di tangan. Walaupun setiap e-commerce menjanjikan akan memberikan pelayanan pengiriman barang yang tepat waktu, namun pada kenyataannya tetap memerlukan waktu berhari-hari hingga barang sampai. Ini bisa membuat konsumen kesal.
  2. Pengembalian dan refund yang menyusahkan saat barang yang diterima terjadi kesalahan atau tidak cocok. Walau beberapa mechant memberikan pelayanan barang dapat ditukar, namun proses penukarannya akan memakan waktu lebih lama lagi dari waktu pengiriman pertama.
  3. Kehilangan kesempatan untuk bergerak dan melatih ketajaman mental secara langsung saat berbelanja di toko-toko offline. Kalau belanja di mall, kita bisa melakukan banyak aktivitas bergerak dan bersosialisasi dengan banyak orang yang ditemui, khususnya karyawan toko atau bahkan pemilik toko. Dengan berinteraksi langsung, banyak manfaat informasi yang bisa didapat yang tidak akan bisa dilakukan kalau belanja online.

Walaupun demikian, pilihan cara berbelanja merupakan hak setiap individu. Toh bagaimanapun juga, mendapatkan diskon yang fantastis dan pelayanan transaksi yang mudah adalah poin yang paling dicari para pembeli online di shopfest. Jadi tidak perlu khawatir dengan kerugiannya, dapatkan saja keuntungan dan manfaat dari festival tersebut yang sangat menguntungkan.

Related posts: