Belajar Memiliki Public Speaking Yang Baik

Menjadi pembicara pada sebuah acara mungkin kebanggaan tersendiri bagi Anda. Untuk menjadi pembicara tidaklah mudah. Ada serangkaian proses yang panjang dan tidak mudah. Biasanya seorang pembicara karena ahli dalam bidang tertentu dan memiliki public speaking yang baik. Mengapa? Karena pintar saja tidak cukup.

Seorang pembicara tentu akan berbicara di depan banyak orang. Terlebih lagi biasanya pada acara-acara formal. Bahasa yang digunakan juga tentunya harus bahasa yang formal dan dapat menyampaikan materi dengan baik. Selain itu, juga tetap menguasai isi materi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan audiens.

Seorang pembicara, saya yakin dulunya pernah belajar tentang public speaking. Tidak hanya itu saja, mereka mungkin pernah mengikuti pelatihan-pelatihan komunikasi tertentu ataupun pelatihan soft skill. Sehingga, lahirlah para pembicara-pembicara yang handal.

Tahapan Ketika Berbicara Di Depan Umum

Seorang pembicara, tentu akan menyiapkan materi sebelum melakukan presentasi. Pembicara sehandal apapun pasti selalu menyiapkan materi walaupun tidak tertulis. Paling tidak, dia sudah memahami apa yang akan disampaikan ketika presentasi nanti.

Poin-poin penting yang harus disiapkan seorang pembicara adalah:

  • Pembukaan

Pembukaan ini berisi perkenalan singkat mengenai diri Anda. Selain itu, sampaikan juga topik permasalahan dan pokok bahasan yang hendak Anda sampaikan. Untuk pembukaan, sebaiknya gunakan bahasa yang santai dan lebih dekat dengan audiens. Hal tersebut tidak lain adalah untuk menjalin chemistry yang baik sehingga tidak kaku atau tegang.

  • Isi

Bagian isi tentunya mencakup pokok bahasan yang akan Anda sampaikan. Jangan gunakan bahasa yang terlalu ilmiah jika audiens Anda kalangan masyarakat biasa. Selain itu, sampaikan materi secara runtut agar tidak membingungkan audiens.

  • Penutup

Bagian penutup ini berisi ulasan kesimpulan dari apa yang telah Anda sampaikan. Anda juga perlu menyampaikan kembali gagasan utama dari pokok bahasan pada acara tersebut. Jangan lupa sampaikan terima kasih kepada audiens atas perhatian yang telah diberikan.

Itulah beberapa hal penting yang harus disiapkan ketika menyampaikan materi. Sehingga public speaking Anda terlihat baik, ideal dan runtut.

Related posts: