Baja Ringan Dengan Segala Kelebihan Dan Kekurangannya

Berbeda dengan baja biasa atau baja konvensional, baja ringan ini merupakan baja yang memiliki mutu tinggi dengan sifat yang ringan dan tipis tetapi memiliki fungsi yang setara dengan baja konvensional. Baja ringan ini merupakan jenis baja yang dibentuk setelah dingin atau cold from steel. Baja ringan ini sudah menjadi alternatif dalam pembuatan atap dan juga kuda-kuda baja ringan yang kini sudah banyak yang mengaplikasikannya di pembangunan gedung. Baja ringan ini mempunyai kekuatan tarik yang cukup tinggi yaitu 550 Mpa sementara untuk baja biasa hanya sekitar 300 Mpa saja. Kekuatan tarik serta tegangan ini untuk mengompensasi dari bentuknya yang tipis. Ketebalan baja ringan yang kini beredar dipasar Indonesia sekitar 0.4 mm sampai 1 mm.

Segala Kelebihan Dan Kekurangan Dari Baja Ringan Untuk Rangka Atap Dan Kuda-Kuda

Penggunaan baja ringan ini sekarang sudah mulai berkembang dengan kemajuan kreativitas para pekerja proyek. Dengan segala kelebihannya dari baja ringan ini mulai dari bobotnya yang begitu ringan jika dibandingkan dengan kayu dan baja biasa sehingga akan lebih hemat struktur di bawahnya. Kemudian baja ringan ini tidak bersifat non-combustible atau tidak membesarkan api sehingga jika terjadi sebuah kebakaran akan lebih aman dan juga bisa mempermudah proses evakuasi. Kelebihan selanjutnya adalah rangka atap dari bahan baja ringan ini tidak bisa di makan rayap, jika dibandingkan degan kayu yang sangat mudah dimakan rayap maka baja ringan ini memiliki segi awet yang cukup lama dibandingkan dengan kayu. Selanjutnya untuk pemasangan kuda-kuda baja ringan akan relatif lebih mudah dan baja ringan ini juga tidak memiliki nilai muai dan juga susut sehingga tidak berubah karena adanya cuaca panas dan dingin.

Sepertinya tidak adil jika hanya mengatakan segala kelebihan dari baja ringan, perlu juga Anda ketahui bahwa baja ringan memiliki kekurangan seperti rangka baja ringan ini tidak bisa diekspos seperti pada rangka kayu, sistem rangkaiannya yang seperti jaring-jaring sepertinya akan kurang menarik jika tanpa ditutup plafon. Rangka atap dari baja ringan atau kuda-kuda baja ringan ini tidak fleksibel seperti kayu yang bisa dipotong dan juga dibentuk berbagai profil. Namun dengan kekurangannya tersebut sepertinya tidak bisa dibandingkan dengan segala kelebihannya yang tidak bisa didapatkan dari bahan lainnya sehingga memilih baja ringan untuk atap pembangunan merupakan solusi yang tepat.

Related posts: