Alun-Alun Merdeka Kota Malang 1882 Wisata Sejarah

Dalam artikel saya ini akan membahas salah satu tempat wisata yang tidak kalah menarik dibandingkan yang lainnya katakanlah wisata kebun apel, atau Jatim Park yang tidak pernah sepi pengunjung. Mengapa saya lebih tertarik wisata Alun-alun Merdeka? Karena dari namanya saja wisata di malang membuat siapa saja yang membaca dan mendengar akan memberikan aura semangat, yapss betul sekali kata Merdeka yang membuat saya tertarik apalagi saat ini bertepatan dengan bulan kemerdekaan.

Dimana semua orang berlomba-lomba melakukan sesuatu hal untuk menyambut bulan kemerdekaan ini, ada yang mendaki, ngecamp bersama orang terdekat, bahkan hal gila mereka lakukan.

Dimana Lokasi Alun-Alun Merdeka?

Pada tahun 1882 alun-alun merdeka ini dibangun, dan menjadi salah satu tempat rekreasi dimana semua orang berkumpul. Terutama setelah alun-alun ini di renovasi pada tahun 2015 tidak pernah sepi pengunjung tempatnya strategis yang menjadi alasan mereka. Wisata di malang juga terkenal dengan pusat perbelanjaannya seperti Ramayana, Pasar Besar, Sarinah, Malang Plaza, sera Gajah Mada Plaza.

Lokasi alun-alun merdeka ini terletak di Kelurahan Kiduldalem, Kecamatan Klojen. Selain itu lokasi alun-alun merdeka tepat berada di depan Masjdi Agung Jami’. Alun-alun ini terletak di pusat kota jadi tidak perlu khawatir nyasar, karena sangat mudah ditemukan.

Para wisatawan dapat menikmati keindahannya dengan berbagai cara seperti joging bagi Anda yang sedang melakukan program diet, atau menaiki sepeda bersama pasangan Anda, playground hingga spot-spot menarik buat Anda agar tidak ketinggalan jaman, suasana air mancur juga menemani rekreasi di alun-alun merdeka ini.

Tidak lengkap rasanya jika meninggalkan jejak asal usul berdirinya alun-alun merdeka. Dalam bukunya Purnawan Basundoro mengatakan bahwa alun-alun merdeka ini dibangun sebagai peresmian pemerintahan kolonial, maka dari itu banyak orang Belanda yang berkunjung disini, selain itu alun-alun merdeka ini juga menceritakan corak Jawa sebagai identitas bangsa Indonesia.

Dalam perkembangan zaman wisata di malang, alun –alun merdeka dimanfaatkan oleh penduduk sekitar sebagai tempat untuk mencari nafkah. Ada yang jual makanan khas malang, kerajinan tangan. Mereka lakukan untuk menyambung hidup. Penuh cerita sejarah juga cerita perjuangan penduduk Kota Malang.

Related posts: