Air Bersih Untuk Manusia yang Sehat

Artikel kali ini akan membahas mengenai pentingnya air bersih dalam kehidupan manusia. Air merupakan salah satu komponen abiotik yang ada di alam. Tuhan menyediakan air secara gratis untuk dapat dimanfaatkan oleh manusia. Namun saat ini keserakahan manusia telah membuat persediaan air tidak melimpah lagi.

Padahal air bersih sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat baik untuk mencuci, memasak maupun minum. Beberapa negara di dunia saat ini sudah mulai kesulitan air, bahkan untuk memenuhi kebutuhan air pun harus membeli dengan harga yang cukup mahal. Tapi tidak usah jauh-jauh ke luar negeri, di Indonesia pun masih ada beberapa daerah yang kesulitan dalam pasokan air bersih.

Arti Penting Air Bersih Dalam Kehidupan Manusia

Manusia memang bergantung pada air, mungkin dalam satu hari tidak bisa dilewatkan tanpa air. Tubuh manusia pun terdiri atas air sehingga bisa seimbang saat melakukan aktivitas. Memangnya apa saja penyakit yang bisa di timbulkan lewat air? Jawabannya banyak seperti diare, penyakit cacingan, penyakit kulit, dan masih banyak lagi penyebabnya.

Terus mengapa persediaan air semakin menipis? Keserakahan manusia yang menyebabkan sumber air tercemar, hutan-hutan digunduli padahal akan pohon berfungsi untuk menampung persediaan air, pemukiman penduduk yang padat sehingga antara septic tank dan sumber air jaraknya terlalu dekat.

Apa Saja Syarat Air yang Bersih Untuk Kebutuhan Manusia?

Air yang bersih sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan manusia, untuk dapat mengetahui syarat air bersih Anda dapat menyimak ulasan berikut ini.

  • Syarat Fisik

Air tidak memiliki warna, rasa, serta bau yang aneh. Warna air yang bersih biasanya bening seperti kaca dengan rasa yang tawar alias hambar serta tidak memiliki bau. Jadi jika air yang ada konsumsi selama ini tidak memenuhi syarat tersebut bisa dikatakan air tersebut kurang sehat mungkin sudah tercemar suatu zat tertentu.

  • Syarat Kimia

Air yang bersih tidak mengandung zat kimia apa pun, apabila terbukti mengandung zat kimia mungkin bisa berasal dari pencemaran limbah domestic maupun limbah industri.

  • Syarat Biologi

Dapat dilihat dari kandungan bakteri dan mikroorganisme lain yang ada di air.

Related posts: