3 Jenis Olahraga Untuk Menurunkan Tekanan Darah

Hipertensi atau tekanan darah tinggi hanya bisa dijaga agar tekanan darahnya tidak terlalu tinggi dengan kata lain penyakit ini tidak bisa disembuhkan melainkan hanya bisa dikontrol tekanan darahnya saja. Jika penyakit hipertensi ini dibiarkan saja maka bisa menyebabkan risiko penyakit yang lain seperti stroke, serangan jantung dan penyakit yang lainnya. Mengontrol tekanan darah bisa dilakukan dengan cara mengatur pola makan yang sehat dan juga berolahraga ringan, karena jika penderita hipertensi melakukan olahraga berat maka bisa meningkatkan kerja jantung sehingga tekanan darahnya menjadi semakin tinggi.

Pilihan Jenis Olahraga Yang Bisa Dilakukan Untuk Menurunkan Tekanan Darah

Berbicara mengenai olahraga untuk penderita darah tinggi pastinya tidak boleh sembarangan karena bisa-bisa malah memperparah kondisi tekanan darah. Tetapi ada beberapa pilihan olahraga yang bisa menurunkan tekanan darah, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kardio

Olahraga yang satu ini baik untuk membakar jumlah lemak dalam tubuh dan juga menjaga kesehatan organ jantung. Olahraga ini merupakan latihan yang mengharuskan badan untuk terus bergerak aktif seperti jalan kaki, joging, senam aerobik, menari dan berenang yang bisa meningkatkan detak jantung. Organ jantung yang terdiri dari susuan otot ini akan bekerja lebih kuat sehingga pembuluh darah mampu mengalirkan darah dengan baik ke seluruh tubuh dan juga lebih cepat. Selain itu juga mampu membakar jumlah lemak dalam darah yang membuat tekanan darah bisa menurun sehingga olahraga kardio ini bisa dijadikan pilihan tepat untuk olahraga penderita hipertensi karena mampu menurunkan tekanan darah.

  1. Angkat beban

Mungkin olahraga ini cukup berat bila didengar dari namanya, tetapi olahraga ini terbukti efektif dalam membakar lemak tubuh. Ada penelitian yang menyatakan bahwa olahraga angkat beban yang dipadukan dengan olahraga kardio mampu menurunkan tekanan darah secara signifikan. Olahraga angkat beban ini bisa dimulai dengan mengangkat barbel ukuran mini dan sebaiknya didampingi oleh pelatih atau ahlinya karena salah mengangkat beban yang terlalu berat bisa meningkatkan tekanan darah.

  1. Yoga

Olahraga yang satu ini memang belum diketahui secara pasti dalam menurunkan tekanan darah tetapi mampu menurunkan hormon stres yang menjadi salah satu faktor penyebab dari tekanan darah tinggi.

Itulah beberapa pilihan olahraga yang bisa dilakukan untuk menurunkan tekanan darah, disarankan melakukan olahraga ringan dan jangan sesekali mencoba olahraga berat karena memiliki risiko lebih besar dalam meningkatkan tekanan darah.

Related posts: