Mengetahui Kualitas Kosmetik dari Kemasan

tips kecantikan

tips kecantikanHampir semua wanita saat ini memiliki kosmetik dengan berbagai merek dan berbagai jenis. Karena semakin banyaknya permintaan akan kosmetik, maka semakin banyak pula perusahaan yang membuat sebuah kosmetik. Tidak hanya perusahaan besar saja, ada beberapa yang merupakan usaha rumahan. Yang harus Anda tahu adalah sekarang ini semakin banyak oknum nakal yang membuat kosmetik dari berbagai macam bahan yang berbahaya bagi tubuh. Berbagai kandungan bahan kimia sengaja ditambahkan dengan kadar berlebih untuk memaksimalkan keuntungan dan hasil. Melihat dari hal tersebut, Anda sebagai seorang wanita tentu wajib mengetahui cara yang benar dalam memilih sebuah kosmetik.

Informasi Penting Dalam Kemasan Produk Kecantikan

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan dalam memilih sebuah kosmetik adalah dengan melihat kemasan produk. Banyak sekali informasi yang dapat Anda peroleh dari sebuah kemasan kosmetik. Banyak orang yang menyepelekan hal yang satu ini. Padahal, melalui kemasan produk kosmetik, Anda dapat mengetahui apakah kosmetik tersebut aman atau tidak untuk digunakan. Informasi pertama yang dapat Anda peroleh adalah tanggal kadarluarsa. Ini merupakan hal yang paling biasa dilihat ketika seseorang membeli sebuah produk makanan, minuman, obat serta kosmetik. Ketika Anda menemukan sebuah kosmetik yang sudah melewati tanggal amannya, maka sebaiknya jangan membeli kosmetik tersebut. Hal ini dikarenakan sudah ada kemungkinan yang besar kosmetik tersebut terkontaminasi oleh bakteri yang dapat membuat kosmetik tersebut tidak lagi aman untuk digunakan.

Informasi yang kedua adalah izin edar. Izin edar sebuah kosmetik dikeluarkan oleh Badan POM yang merupakan lembaga yang mengeluarkan izin kepada semua produk mulai dari makanan, minuman, obat-obatan, serta kosmetik untuk beredar di Indonesia. Jika Anda menemukan sebuah produk kosmetik yang tidak memiliki izin edar, maka sebaiknya Anda tidak menggunakan kosmetik tersebut. Ini dikarenakan ”mungkin” kosmetik tersebut bukan merupakan kosmetik yang aman untuk digunakan. Informasi ketiga adalah bahan atau komposisi dari produk tersebut. Bagi Anda yang memiliki alergi kulit pada beberapa bahan kimia, ini tentu akan sangat membantu. Anda dapat mengetahui dengan pasti kandungan produk yang Anda gunakan. Informasi yang keempat adalah efek samping dan peringatan. Meskipun dianggap sepele, akan tetapi sebaiknya Anda membaca hal yang satu ini. Karena informasi ini merupakan informasi penting yang harus Anda peroleh. Demikian beberapa informasi yang diperoleh dari kemasan produk kosmetik.

Related posts: